Macam-macam Thariqah Mu’tabarah

1 min read

Macam-macam Thariqah Mu'tabarah

Macam-macam Thariqah Mu’tabarah

Bismillahir rahmanir rahim

Pertanyaan:

Di Nahdlatul Ulama ada organisasi yang menaungi beberapa Thariqah, apa saja macam-macam Thariqah yang muktabar?

Jawaban:

Jam’iyyah Nahdlatul Ulama memiliki Badan Otonom bernama Jam’iyah Ahlith Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyah (Jatman, organisasi ahli Thariqah), yang berperan memberikan sebuah rambu-rambu kepada masyarakat tentang Thariqah yang mu’tabar dan ghairu mu’tabar. Dari segi organisasi, Jatman secara de facto berdiri pada bulan Rajab 1399 H, bertepatan dengan Juni 1979 M. Tetapi, sebelum terbentuk Jatman, bibit organisasi tersebut telah lahir, yaitu Jam’iyyah Thariqah Al-Mu’tabarah. Kelahiran Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah An-Nahdliyah tidak dapat dilepaskan dari Muktamar NU ke-26 di Semarang. Tetapi, apabila dilihat dari segi ilmu dan amaliahnya, maka Thariqah sudah ada sejak Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam diutus untuk membawa agama Islam ke muk bumi.

Berikut ini macam-macam Thariqah Mu’tabarah dan Berstandar di Lingkungan Nahdlatul Ulama (NU)

1. Abbasiyah
2. Ahmadiyah
3. Akbariyah
4. Alawiyah
5. Baerumiyah
6. Bakdasyiyah
7. Bakriyah
8. Bayumiyah
9. Buhuriyah
10. Dasuqiyah
11. Ghozaliyah
12. Ghoibiyah
13. Haddadiyah
14. Hamzawiyah
15. Idrisiyah
16. Idrusiyah
17. Isawiyah
18. Jalwatiyah
19. Junaidiyah
20. Justiyah
21. Khodliriyah
22. Kholidiyah Wan Naqsyabandiyah
23. Kholwatiyah
24. Kubrowiyah
25. Madbuliyah
26. Malamiyah
27. Maulawiyah
28. Qodiriyah Wan Naqsyabandiyah
29. Rifa’iyah
30. Rumiyah
31. Sa’diyah
32. Samaniyah
33. Sumbuliyah
34. Syadzaliyah
35. Sya’baniyah
36. Syathoriyah
37. Syuhrowiyah
38. Tijaniyah
39. Umariyah
40. Usyaqiyah
41. Ustmaniyah
42. Uwaisiyah
43. Zainiyah
44. Mulazamatu Qira’atul Qur’an
45. Naqsyabandiyah al-Haqqani ¹³⁹)

Di antara penilaian mu’tabar atau tidaknya harus melalui beberapa persyaratan, misalnya dari segi akidah, syariah, sanad yang bersambung sampai Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dzikir, metode Suluk dan sebagainya. Sebagaimana fatwa ulama al-Azhar :

والطرق الصوفية بوجه عام مدارس تربوية، إن كان منهجما متفقا مع الدين عقيدة وشريعة فهي مشروعة، وإلا كانت غير مشروعة، ووجب تقويمها بالحكمة والموعظة الحسنة.

“Thariqah-thariqah Shufi secara umum adalah pendidikan hati. Jika metodenya sesuai dengan agama, secara aqidah dan syariah, maka Thariqah tersebut disyariatkan. Jika tidak sesuai, maka tidak disyariatkan, dan wajib untuk meluruskan dengan cara yang bijak dan tuturkata yang bagus.” ¹⁴⁰)

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin

____________________

¹³⁹) Untuk Thariqah yang terakhir ini secara resmi telah dinilai Mu’tabar oleh Jatman, seperti yang disampaikan oleh Habib Luthfi bin Yahya, Rais Amm Jatman dan KH. Mu’thi Nurhadi, Ketua Umum Jatman.
¹⁴⁰) Fatawa al-Azhar, 10/237

Sumber : buku yang berjudul “Menjawab Amaliyah & Ibadah yang dituduh bid’ah 2”

Penulis : KH. Ma’ruf Khozin

____________________

Ubaidillah Fadhil Rohman

Dalam Thariqah ada istilah Suluk, apa maksudnya? Cek selengkapnya di : https://www.mqnaswa.id/suluk-dalam-thariqah/

Baca juga : https://nu.or.id/post/read/48528/laku-suluk-gus-dur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *