Membaca Qunut di Dalam Shalat Shubuh

1 min read

Membaca Qunut di Dalam Shalat Shubuh

Bismillahir rahmanir rahim

Pertanyaan :

Sebagai orang Nahdliyin yang masih awam kami masih belum bisa memberi jawaban yang tepat ketika ada yang bertanya apakah dasar hukum (hadis) baca qunut dalam salat Subuh? yang kami tahu di madzhab Syafii baca qunut hukumnya sunah saat salat Subuh. Mohon penjelasannya. Terima kasih. “Al-Fath” Surabaya.

Jawaban :

Dasar ulama madzhab Syafiiyah tentang Qunut adalah hadis berikut :

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ مَا زَالَ رَسُو لُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَالدُّنيَا (رواه أحمد والدار قطني)

“Diriwayatkan dari Anas Ibn Malik. Beliau berkata, “Rasulullah Saw senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (Musnad Ahmad bin Hanbal, juz III, hal. 162 [12679], Sunan al-Daraquthni, juz II, hal. 39 [9]).

Sanad hadits ini shahih sehingga dapat dijadikan pedoman. Imam Nawawi di dalam kitab al-Majmu’ menegaskan :

حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ رَوَاهُ جَمَاعَةٌ مِنَ الْحُفَّاظِ وَصَحَّحُوْهُ وَمِمَّنْ نَصَّ عَلَى صِحَّتِهِ الْحَافِظُ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيٍ الْبَلْخِي، وَالْحَاكِمُ أَبُوْ عَبْدِ اللهِ فِي مَوَاضِعَ مِنْ كُتُبِ الْبَيْهَقِي وَرَوَاهُ الدَّارَقُطْنِي مِنْ طُرُقٍ بِأَسَانِيْدَ صَحِيْحَةٍ (المجموع ج ٣ ص ٥٠٤)

“Hadits tersebut adalah shahih. Diriwayatkan oleh banyak ahli hadits dan mereka kemudian menyatakan kesahihannya. Di antara orang yang menshahihkannya adalah al-Hafizh Abu Abdillah Muhammad bin Ali al-Balkhi serta al-Hakim Abu Abdillah di dalam beberapa tempat di dalam kitab al-Baihaqi. Al-Daraquthni juga meriwayatkannya dari berbagai jalur sanad yang shahih.” (Al-Majmu’, juz III, hal. 504)

Amaliah Qunut shalat Subuh menjadi pendapat sunnah dalam Madzhab Syafi’i. Hal ini berdasarkan hadits sahih berikut:

عن محمد قال قلت لأنس هل قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم فى صلاة الصبح قال نعم بعد الركوع يسيرا.

“Muhammad bin Sirin bertanya kepada Anas bin Malik: “Apakah Rasulullah Saw. qunut saat shalat Subuh?” Anas menjawab: “Ya, setelah rukuk, sedikit.” (HR. Muslim)

Apakah yang dimaksud ‘Sedikit’ ini adalah qunutnya, sehingga Rasulullah Saw. tidak terus-menerus qunut, ataukah berdirinya yang sedikit dalam arti tidak terlalu panjang. Dalam pendapat ulama Syafi’iyah Rasulullah Saw. terus-menerus melakukan qunut Subuh, berdasarkan beberapa riwayat berikut:

وعن أنس بن مالك قال ما زال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقنت في الفجر حتى فارق الدنيا.

“Dari Anas, ia berkata: “Rasulullah Saw. terus-menerus qunut dalam shalat Subuh, hingga beliau meninggal dunia.”

رواه أحمد والبزار بنحوه ورجاله موثقون

Al-Hafidz al-Haitsami berkata: “HR. Ahmad dan al-Bazzar, para perawinya terpercaya.”¹⁷)

Demikian riwayat yang lain:

عن الربيع بن أنس قاا: كنت جالسا عند أنس بن مالك فقيل له إنما قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا فقال: لم يزل يقنت فى الصبح حتى فارق الدنيا. قال الحافظ فى النتائج ٢/ ١٢٩

“Rabi’ bin Anas duduk di dekat Malik bin Anas, lalu ada yang berkata: “Rasulullah Saw. hanya qunut selama sebulan”. Anas berkata: “Rasulullah Saw. selalu qunut dalam shalat Subuh sampai meninggal dunia.” (HR. Al-Hakim dalam Kitab al-Qunut dan al-Daruquthni)

Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata:

صححه الحاكم على طريقته فى تصحيح ما هو حسن عنظ غيره.

“Hadits ini dinilai sahih oleh al-Hakim, berdasar metodenya yang menilai sahih terhadap hadits, yang menurut ulama lain adalah hasan.” ¹⁸)

Dai dalil-dalil inilah Imam kita berkata:

(أخبرنا الربيع) قال (أخبرنا الشافعي) قال أخبرنا هشيم عن معقل أن عليا رضي الله عنه قنت في صلاة الصبح وهم لا يروم القنوت في الصبح ونحن نراه للسنة الثابتة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قنت في الصبح. (الأم – ج ٧/ ص ١٧٧)

“Rabi’ telah mengabarkan kepada kami, ia berkata bahwa Syafi’i telah memberi kabar kepada kami, ia berkata Husyaim memberi kabar kepada kami dari Ma’qil bahwa Ali R.A melakukan qunut dalam shalat Subuh, mereka tidak sependapat dengan Qunut shalat Subuh dan kami berpendapat demikian, berdasarkan sunah yang sahih dari Rasulullah Saw. bahwa beliau melakukan Qunut dalam shalat Subuh.” ¹⁹)

Tidak hanya madzhab Syafii, madzhab Maliki pun menghukumi Qunut tersebut sebagai mustahab (dianjurkan). Sedangkan ulama Hanafiyah dan Hanabilah tidak memperbolehkan membaca Qunut saat salat Subuh dengan dalil hadis riwayat Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah (Fatawa al-Azhar V/9). Dengan demikian, ulama yang menghukumi sunah atau yang tidak, kesemuanya memiliki dalil dari hadis.

Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin

_______________

¹⁷) Majma’ al-Zawaid, 2/139. Syaikh Qbdul Qadir al-Arnauth juga menilai hasan
¹⁸) al-Hafidz Ibnu Hajar, Raudhatul Muhadditsin, 11/278
¹⁹) al-Umm 7/177

Sumber : Buku yang berjudul “Jawaban Amaliyah & Ibadah yang dituduh Bid’ah, sesat, kafir dan syirik” dan buku yang berjudul “Menjawab Amaliyah & Ibadah yang dituduh Bid’ah 2”

Penulis : KH. Ma’ruf Khozin

_______________

Ubaidillah Fadhil Rohman

Mengenai amalan mendapat ilmu Laduni baca :https://www.mqnaswa.id/amalan-mendapat-ilmu-laduni/

Baca juga : https://islam.nu.or.id/post/read/125387/tafsir-surat-an-nisa-ayat-6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *