Tahlilan 7 Hari, 40 Hari dan 100 Hari
Bismillahir rahmanir rahim
Pertanyaan:
Darimana sumber amaliah Tahlilan pada hari ke 7, 40, 100 dan seterusnya?
Jawaban:
Anggapan tersebut tidak benar. Sebab dalam riwayat Tabiin disebutkan kebiasaan bersedekah untuk orang yang telah wafat selama 7 hari. Berikut redaksinya:
حدثنَا أبو بَكرِ بنِ مَالِك ثَنا عبدُ اللهِ بنُ أَحمدَ بنَ حَنبَلَ ثنَا أبى ثَنا هاشِمُ بنُ القَاسِمِ ثَنا الأَشْجَعِي عَنْ سُفْيانَ (الثَّورِيّ) قال قال طَاوُوسٌ إِنَّ المَوتَى يُفْتَنوْنَ فِي قُبُورِهِمْ سَبْعًا فَكَانوا يَسْتَحِبُّونَ ان يُطْعَمَ عنْهُنْ تِلكَ الأَيَّامَ (المطالب العلية للحافظ ابن حجر ٥/ ٣٣٠ وحلية الأولياء لابي نعيم الاصبهاني ج ٤/ ١١ وصفة الصفوة لأبي الفرج عبد الرحمن بن علي بن محمد بن الجوزي ١/ ٢٠ والبداية النهاية لابن كثير ٩/ ٢٧٠ وشرح صحيح البخاري لابن بطال ٣/ ٢٧١ وعمدة القاري شرح صحيح البخاري للعيني ١٢/ ٢٧٧)
“Imam Ahmad mengutip pernyataan Thawus: Sesungguhnya orang-orang yang mati mendapatkan ujian di kubur mereka selama 7 hari. Maka para sahabat senang untuk memberi sedekah pada 7 hari tersebut” (Ibnu Hajar dalam al-Mathalib al-Aliyah V/330, Abu Nuaim dalam Hilyat al-Auliya’ IV/11, Ibnu al-Jauzi dalam Shifat al-Shafwah I/20, Ibnu Katsir (murid Ibnu Taimiyah, ahli Tafsir) dalam al-Bidayah wa al-Nihayah IX/270, Ibnu Baththal dalam Syarah al-Bukhari III/271 dan al-Aini dalam Umdat al-Qari Syarah Sahih al-Bukhari XII/277)
Jalaluddin As-Suyuthi berkata:
فائِدةٌ روَى أحمد بن حنبل في الزهد وابو نعيمٍ فِي الحِليَةِ عن طَاوُسٍ أنَّ المَوتَى يُفتَنُونَ فِي قُبُورهِم سَبعًا فكَانُوا يَستحِبُّونَ انْ يُطعِمُوا عَنهُ تِلكَ الأَيَّامِ إِسنَادهُ صَحِيحٌ ولهُ حكْمُ الرَّفْعِ وذَكر ابنُ جُرَيجٍ في مُصَنَّفَهِ عَنْ عبيدِ بنِ عمِيرٍ أَنَّ المُؤمِنَ يُفْتَنُ سَبعًا وَالمُنافِقَ أَربَعِينَ صَبَاحًا وَسَنَدُه صَحِيحٌ أيضًا وذَكَر ابنُ رَجب فِي القُبُورِ عن مُجَاهدٍانَّ الأَروَاحَ على القُبُورِ سَبعَةَ أيامٍ مٍن يَومِ الدّفْنِ لاتُفارِقُهُ ولَمْ أقِف على سنَدِهِ (الديباج على مسلم بن الحجاج وللحافظ جلا ل الدين السيوطي ٢/ ٤٩٠)
“Ahmad meriwayatkan dalam kitab Zuhud dan Abu Nuaim dalam al-Hilyah dari Thawus bahwa ‘sesungguhnya orang-orang yang mati mendapatkan ujian di kubur mereka selama 7 hari. Maka para sahabat senang untuk memberi sedekah pada 7 hari tersebut’. Sanad riwayat ini sahih dan berstatus hadis marfu’. Ibnu Juraij menyebutkan dalam kitab al-Mushannaf dari Ubaid bin Amir bahwa ‘orang mukmin mendapatkan ujian (di kubur) selama 7 hari, dan orangmunafik selama 40 hari’. Sanadnya juga sahih. Ibnu Rajab menyebutkan dalam kitab al-Kubur dari Mujahid bahwa ‘arwah berada dalam kubur selama 7 hari sejak dimakamkan dan tidak berpisah’. Tetapi saya tidak menemukan sanadnya”(al-Dibaj Syarah sahih Muslim II/490)
Al-Hafidz As-Suyuthi berkata:
إن سنة الإطعام سبعة أيام بلغني أنها مستمرة إلى الآن بمكة والمدينة فالظاهر أنها لم تترك من عهد الصحابة إلى الآن وإنهم أخذوها خلفا عن سلف إلى الصدر الأول (الحاوي للفتاوي للسيوطي – ج ٣/ ص ٢٨٨
“Anjuran memberi makanan 7 hari, telah sampai kepada saya bahwa hal itu berlangsung hingga sekarang di Makah dan Madinah. Secara Dzahir hal itu tidak pernah ditinggalkansejak masa sahabat hingga sekarang, dan mereka meneruskannya secara turun temurun dari masa Awal” (al-Haawii 3/288)
Syaikh Muhammad Ali bin Husain al-Maliki, pengarang kitab Inarat al-Duja, memberi jawaban atas pertanyaan tentang kebiasaan di Jawa saat takziyah dan tahlil pada hari-hari tertentu, bahwa tradisi semacam itu bisa menjadi bid’ah yang diharamkan jika bertujuan untuk meratapi mayit, dan jika tidak bertujuan seperti itu dan tidak mengandung unsur haram lainnya, maka masuk kategori bid’ah yang diperbolehkan. Di akhir fatwa beliau berkata:
إعلم ان الجاويين غالبا اذا مات أحدهم جاؤوا إلى اهله بنحو الأرز نيئا ثم طبخوه بعد التمليك وقدموه لاهله وللحاضرين عملا بخبر “اصنعوا لال جعفر طعاما” وطمعا في ثواب ما في السؤال بل ورجاء ثواب الإطعام للميت على ان العلامة الشرقاوي قال في شرح تجريد البخارى ما نصه والصحيح ان سؤال القبر مرة واحدة وقيل يفتن المؤمن سبعا والكافر اربعين صباحا ومن ثم كانوا يستحبون ان يطعم عن المؤمن سبعة أيام من دفنه اھ بحروفه (بلوغ الامنية بفتاوى النوازل العصرية مع انارة الدجى شرح نظم تنوير الحجا ٢١٥- ٢١٩)
“Ketahuilah, pada umumnya orang-orang Jawa jika diantara mereka ada yang meninggal, maka mereka datang pada keluarganya dengan membawa beras mentah, kemudian memasaknya setelah proses serah terima, dan dihidangkan untuk keluarga dan para pelayat, untuk mengamalkan hadis: ‘Buatkanlah makanan untuk keluarga Ja’far’ dan untuk mengharap pahala sebagaimana dalam pertanyaan (pahala tahlil untuk mayit), bahkan pahala sedekah untuk mayit. Hal ini berdasarkan pendapat Syaikh al-Syarqawi dalam syarah kitab Tajrid al-Bukhari yang berbunyi: Pendapat yang sahih bahwa pertanyaan dalam kubur hanya satu kali. Ada pendapat lain bahwa orang mukmin mendapat ujian di kuburnya selama 7 hari dan orang kafir selama 40 hari tiap pagi. Oleh karenanya para ulama terdahulu menganjurkan memberi makan untuk orang mukmin selama 7 hari setelahpemakaman” (Bulugh al-Amniyah dalam kitab Inarat al-Duja 215-219)
Seorang ulama dari kalangan Hanafiyah, Syaikh al-Thahthawi (1231 H), mengutip pendapat dari Syaikh Burhan al-Halabi yang membantah hukum makruh dalam selametan 7 hari:
قال في البزازية يكره اتخاذ الطعام في اليوم الأول والثالث وبعد الأسبوع ونقل الطعام إلى المقبرة في المواسم واتخاذ الدعوة بقراءة القرآن وجمع الصلحاء والقراء للختم أولقراءة سورة الأنعام أو الإخلاص اھ قال البرهان الحلبي ولا يخلو عن نظر لأنه لت دليل على الكراهة (حاشية الطحطاوي على مراقي الفلاح شرح نور الأيضاح ١/ ٤٠٩)
“Disebutkan dalam kitab al-Bazzaziyah bahwa makruh hukumnya membuat makanan di hari pertama, ketiga dan setelah satu minggu, juga memindah makanan ke kuburan dalam musim-musim tertentu, dan membuat undangan untuk membaca al-Quran, mengumpulkan orang-orang sholeh, pembaca al-Quran untuk khataman atau membaca surat al-An’am dan al-Ikhlas. Burhan al-Halabi berkata: Masalah ini tidak lepas dari komentar, sebab tidak ada dalil untuk menghukuminya makruh ² ” (Hasyiyah al-Thahthawi I/409)
Sementara untuk 100 hari dan haul tiap tahunnya menurut Syaikh Nawawi al-Bantani adalah bersifat tradisi, dan tidak berlaku klaim bid’ah, sebab bid’ah ada dalam koridor syariat:
و التصدق عن الميت على وجه شرعي مطلوب ولا يتقيد بكونه سبعة أيام أو أكثر أو أقل، وتقييد ببعض الأيام من العوائد فقط. كما أفتى بذلك السيد أحمد دحلان وقد جرت عادة الناس بالتصدق عن الميت في ثالث من موته وفي سابع وفي تمام العشرين وفي الأربعين وفي المائة وبعد ذلك يفعل كل سنة حولا في يوم الموت كما أفاد شيخنا يوسف السنبلاويني.
“Bersedekah atas nama mayit dengan cara syar’i adalah dianjurkan, tanpa ada ketentuan harus 7 hari, lebih atau kurang dari 7 hari. Sedangkan penentuan sedekah pada hari-hari tertentu itu hanya merupakan kebiasaan masyarakat saja, sebagaimana difatwakan oleh Sayyid Ahmad Dahlan. Sungguh telah berlaku di masyarakat adanya kebiasaan bersedekah untuk mayit pada hari ketiga kematian, hari ketujuh, dua puluh, empat puluh hari serta seratus hari. Setelah itu dilakukan setiap tahun pada hari kematiannya. Sebagaimana disampaikan oleh guru kami Syaikh Yusuf al-Sunbulawaini.” (Syaikh Nawawi Namten, Nihayatuz Zain bab Wasiat)
² Burhan al-Halabi memperbolehkan hal tersebut. Ini menunjukkan bahwa di masa itu sudah ada tradisi mengundang ulama dan orang lain untuk membaca al-Quran yang dihadiahkan bagi para al-Marhum.
Alhamdulillahi rabbil ‘alaamiin
_______________
Sumber : Buku yang berjudul “Jawaban Amaliyah & Ibadah yang dituduh Bid’ah, sesat, kafir dan syirik” dan buku yang berjudul “Menjawab Amaliyah & Ibadah yang dituduh bid’ah 2”
Penulis : KH. Ma’ruf Khozin
_______________
Ubaidillah Fadhil Rohman
Mengenai Iuaran/arisan Qurban baca di : https://www.mqnaswa.id/iuran-arisan-qurban/