Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-12)

1 min read

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-12)

 

Bismillahirrahmanirrahim

Fasal 5 : Jihad Kaum Perempuan Umat Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wasallam

كَاسٓبُوتْ اِڠْ سٓوٓنِيْهَيْ رِوَايَةْ.

سَوُوْسَيْ ڮُوْسْتِيْ رَسُولْ اَنِڠَالِيْ فٓرْتِڠْكَهَيْ سَافِيْ ڮٓڍَيْ كَسٓبُوتْ اِڠْ ڍُوُورْ مَهُوْ نُوْلِيْ اَنِڠَالِيْ اِڠْ وَوڠْ وَدَونْ كَڠْ فِيْرَا٢ كَيْهِيْ فَڍَا دَينْ سِكْسَا ڮِنَنْتُوڠْ سٓرْتَا فٓنْطِيْلَيْ سٓكَارَوْنَيْ كَڠْ دَينْ اَوْلَيهْ اَكَيْ اِڠْ ڮَنْتُوْڠَنْ. سٓرْتَ چَڠْكٓمَيْ فَڍَا دَينْ آسَوْكِيْ لٓڠَا لَتُوڠْ كَڠْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ اِڠْ فٓمْبُوْرِيْنَيْ ڮُسْتِيْ رَسُولْ اَڠٓنْدِيْكَاءَكَيْ. فَڠٓنْدِيْكَانِيْ : اِيَا اِيْكُوْ رُوْفَنَيْ وَوڠْ وَادَونْ كَڠْ نُوْسُوْنِيْ اَنَكَيْ وَوڠْ لِيَا تَنْفَا اِذِنَيْ لَاكِيْنَيْ.

Disebutkan dalam satu riwayat bahwa yang lain. Setelah Kanjeng Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melihat perumpaan (sapi) tersebut, beliau melihat banyak perempuan yang disiksa dengan cara digantung dengan kedua puting payudaranya yang dikaitkan ke gantungan tersebut. Dari mulutnya dimasukkan minyak. Dari belakang Rasulullah ada suara yang berkata, “Demikian itu rupa (balasan)  perempuan yang menyusui anak orang lain tanpa seizin suaminya”.

سَوُوْسَيْ اِيْكُوْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ اَنِڠَالِيْ مَانَيهْ اِڠْ وَوڠْ وَدَونْ اَكَيهْ اُوْڮَا فَڍَا دَينْ سِكْسَا ڮَنْتُوڠْ فٓنْطِيْلَيْ سُوْسُوْ كَارَوْنَيْ سٓرْتَا اِڠْ ڠِيْسَوْرَيْ فَرَا وَادَونْ مَهُوْ فَڍَا دَينْ ڮٓنَيْنِيْ دَينْ لَاڮَارْ. اِڠْ كَوْنَوْ فَرَا وَدَونْ اِيْكُوْ فَڍَا ڠٓرَوْكَوْتِيْ دَاڮِيْڠَيْ اَوَاكَيْ ڍَيْوَيْ. كَڠْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ اِڠْ مْبُوْرِيْنَيْ ڮُسْتِيْ رَسُولْ اَڠٓنْدِيْكَاءَكَيْ. فَڠٓنْدِيْكَانِيْ : اِيَا اِيْكُوْ رُوْفَنَيْ وَوڠْ وَادَونْ كَڠْ فَاهَيسْ٢ فٓرْضُوْنَيْ اَوَاكَيْ دَينْ سٓدِيْيَٵْاَكَيْ مَرَاڠْ وَوڠْ لَنَڠْ لِيَانَيْ لَاكِيْنَيْ.

Setelah itu Rasulullah melihat lagi banyak perempuan yang juga digantung dari dua puting susunya, di bawahnya dibuat perapian untuk memanggang. Perempuan perempuan itu menggerogoti badan mereka sendiri. Lalu ada yang berkata, “Demikian itu adalah balasan bagi perempuan yang berhias mempercantik diri, menyerahkan dirinya untuk lelaki lain (bukan suaminya)”.

كَاسٓبُوتْ اِڠْ سَوٓنَيْهَيْ حَدِيْثْ اَمٓرْتَيْلَٵْ اَكَيْ ڍَاوُوْهَيْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ نَلِيْكَانَيْ وَوڠْ وَدَونْ اَچَا چٓلَاكَنْ اَمْرِيهْ اَفِيْكَيْ دِيْ نٓلٓڠْ سٓرْتَانَيْ اَوَاكَيْ دَينْ چَاوِيسَاكَيْ مَرَاڠْ وَوڠْ لَنَڠْ لِيَانَيْ لَاكِيْنَيْ اِيْكُوْ يَينْ مَاتِيْ رَاهِيْنَيْ دَادِيْ اِيْرٓڠْ لَنْ قُبُوْرَيْ بَكَلْ دَادِيْ ڮٓنِيْ

Tersebut dalam hadits lain yang menjelaskan perkataan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bahwa ketika seorang perempuan sengaja memakai celak supaya terlihat cantik oleh orang lain dan badannya disediakan untuk lelaki lain yang bukan suaminya, maka ketika meninggal wajahnya akan menghitam dan kuburannya menjadi api.

چٓنْڍَاكَيْ چٓرِيْتَا اِڠْ ڠَارٓفْ. اَوْرَا سُوَيْ اِڠْسُنْ نِيْڠَالِيْ مَانَيهْ فِيْرَاڠْ٢ وَوڠْ وَدَونْ كَڠْ فَڍَا دَينْ ڮَنْتُوڠْ لَمْبَيْنَيْ. نُوْلِيْ اِڠْسُنْ تَاكَونْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ اِيْكُوْ وَوڠْ وَدَونْ اَفَ ؟

وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ :  فُوْنِكَا فَاسٓمَونِيْفُونْ تِيَاڠْ اَيسْتٓرِيْ اِڠْكَڠْ بَوْتٓنْ فُوْرُونْ اَنُوْسَوْنِيْ اَنَکْ اِيْفُونْ. دِيْفُونْ فِيْلَالَهْ اَنُوْسَوْنِيْ اَنَکْ اِيْفُونْ تِيَاڠْ سَانَيسْ.

Tidak lama setelah itu aku melihat banyak perempuan yang digantung kedua bibirnya. Aku bertanya kepada Jibril, “Itu perempuan apa?”.

Jibril menjawab, “Itu adalah seorang ibu yang tidak mau menyusui anaknya sendiri malah menyusui anak orang lain”.

Pemahaman :

Perempuan memiliki kedudukan yang khusus. Jika tidak, tentu Allah akan membiarkan mereka, karena toh, keadaan meraka tidak ada pengaruhnya bagi agama dan umat manusia.

Tapi, melihat begitu “keras” nya ancaman bagi mereka, kita melihat besarnya kemuliaan mereka dan perhatian Allah untuk menjaga mereka.

Jihad yang paling tinggi para perempuan adalah pada :

~ Menjaga kesucian dirinya, karena perempuan diibaratkan lahan (tanah) tempat bersemainya bibit umat Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Tanah yang bagus, bersih dari penyakit, dan mengandung unsur unsur yang sempurna, akan menghasilkan tanaman dan buah yang baik, meskipun dengan perawatan yang biasa saja. Tetapi lahan yang hancur, yang mengandung racun, tidak akan menghasilkan tanaman dan buah yang bagus. Demikian kebiasaannya.

Jadi  para perempuan benar benar memiliki peran dalam “menentukan” baik buruknya umat ini.

~ Menjaga dan mendidik putra putrinya. Dimulai sejak masa kehamilan, menyusui dan seterusnya. Detak jantung ibu telah bersatu dengan jantung (kalbu) janin dalam kandungannya. Sedangkan kalbu adalah tempat Allah meletakan “cahaya hidayah”, kepada hamba-hambaNya. Darah sang ibu yang menjadi air susu, akan menjadi “ruh/ energi terdalam” di setiap syaraf, yang akan mendorong mereka dalam kebaikan dan kemuliaan. Setelah anak terlahir semakin tumbuh besar, maka do’a dari kalbu ibu lah yang akan menyinari mereka sepanjang kehidupan.

Dua hal ini saja, sudah sangat cukup untuk kita memahami, mengapa Allah sangat menjaga (salah satu bentuk penjagaanNya adalah dengan mengancam keras) para wanita agar tidak terperosok dalam keburukan.

Wallahu A’lam, alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

 

Kertanegara, Ahad Pahing,

01 Mei 2022 M / 29 Ramadlan 1443 H

Wawan St.

 

Mengenai keutamaan senyum baca di : https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/keutamaan-senyum-dan-berwajah-cerah-di-depan-publik-foOhe

Baca juga : https://www.mqnaswa.id/terjemah-kitab-punika-hadits-ghaithi-pengajian-ke-11/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *