Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-13)
Bismillahirrahmanirrahim
Fasal 6 : Cara Berfikir dan Orientasi Hidup Umat Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam
لَهْ اِڠْ سَااَنْتَرَانَيْ سُووَيْنَيْ لَاكُوْنِڠْسُونْ اِيْكُوْ اَنَ سٓوِجِيْنَيْ وَوڠْكَڠْ ڠُونْدَاڠْ٢ سٓكَا اِڠْ سِيْسِيهْ تٓڠٓنْ اِڠْسُنْ. فَاڠُونْدَاڠَيْ : جٓڠْ نَبِيْ مُحَمَّدْ، مُوْڮِيْ وَونْتٓنَا كٓرْسَا سَمْفِيَنْ اَڠَينْدٓلِيْ اِڠْ كُوْلَا سَاكٓڍَافْ كَيْمَاوَونْ. سُوْفَدَوسْ كَالٓكْسَانَنَا اَڠْڮَينْ كُوْلَا بَاڍَيْ ڮَاڍَاهْ اَتُورْ اِڠْ سَمْفِيَنْ.
اِڠْ كَوْنَوْ اِڠْسُنْ اَوْرَا ڠِنْدَنِيْ لَنْ اَوْرَا مَڠْسُوْلِيْ. اَفَا دَيْنَيْ اَوْرَ نَوْلَيهْ.
Dan di antara kejadian dalam perjalananku itu ada seseorang yang memanggil manggil dari arah kananku seraya berkata, “Wahai Nabi Muhammad, berhentilah untukku walaupun sebentar. Aku ingin menyampaikan sesuatu kepadamu”.
Tapi aku tidak menjawab dan tidak berhenti, bahkan menoleh pun tidak.
نُوْلِيْ اِڠْسُنْ اَتَاكَونْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ اَنَاكَوْءَكَيْ اِيْكُوْ مَاهُوْ وَوڠْ اَفَ ؟
وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ : ڍُوهْ كَڠْجٓڠْ نَبِيْ فُوْنِكَا فَاسٓمَونِيْفُونْ فَاڠُونْدَاڠِيْفُونْ بَوڠْسَا يَهُوْدِيْ. اِڠْكَڠْ بَاڍَيْ كَلَمْفَهَانْ بَينْجِيڠْ اِڠْ وِيڠْكِيڠْ. اَوْفَامِيْ تُوَانْ اَنْۑَاهُوْرَانَا، يٓكْتِيْ اُمَّةْ تُوَانْ سَامِيْ دَادَوسْ يَهُوْدِيْ سٓدَايَا.
Kemudian aku bertanya kepada Jibril,”Siapa orang itu?”
Jibril menjawab, “Ya Rasulullah itu adalah perumpamaan dari panggilan Yahudi. Jika engkau menyambut panggilannya, maka pastilah umatmu akan menjadi Yahudi”.
اَوْرَ سُوْوَيْ سٓكَا اِڠْ لَاكُوْنِڠْسُونْ، اَنَ مَانَيهْ فٓڠُونْدَاڠْ٢ سٓكَا اِڠْ سِيْسِيهْ كِيْوَا نِڠْسُونْ. فٓڠُونْدَاڠَيْ : ڍُوهْ كَڠْجٓڠْ نَبِيْ مُحَمَّدْ كُوْلَا اَتُوْرِيْ كَينْدَيلْ سَاكٓڍَافْ كِيْمَاوَونْ تُوْوَينْ كُوْلَا اَتُوْرِيْ مِيرْسَانِيْ اِڠْ كُوْلَا. كُوْلَا بَادَيْ ڮَاڍَاهْ اَتُوْرَانْ. سُوْفَدَوسْ كَالٓكْسَانَنَا اَتُوْ كُوْلَا.
Tidak antara lama ada lagi orang yang memanggil manggil dari arah kananku, “Ya Muhammad berhentilah sejenak. Aku ingin mengatakan sesuatu kepadamu”.
اِڠْ كَوْنَوْ اِڠْسُنْ اَوْرَا فِيْسَنْ٢ نَوْلَيهْ لَنْ مَڠْسُوْلِيْ اَفَ دَيْنَيْ اَوْرَا ڠَنْڍٓكِيْ. نُوْلِيْ اِڠْسُنْ اَتَاكَونْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ فُوْنِكَا تِيَاڠْ فُوْنَفَا كِيْ سَنَاکْ ؟
Tapi sekali lagi aku tidak menoleh dan menjawabnya. Kemudian aku bertanya kepada Jibril, “Orang apa itu?”
وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ : فُوْنِكَا فَاسٓمَونْ فَاڠُونْدَاڠِيْفُونْ بَوڠْسَا نَصَارَى اِڠْكَڠْ بَڍَيْ كَالَمْفَهَانْ ڍَاتٓڠْ اُمَّةْ تُوَانْ بَينْجِيڠْ اِڠْ وِيڠْكِيڠْ. اُوْفَامِيْ وَهُوْ تُوَانْ نَهُوْرَانَا يٓكْتِيْ اُمَّةْ تُوَانْ دَادَوسْ نَصَارَى سٓدَايَا.
Jibril menjawab, “Itu adalah perumpamaan panggilan orang Nasrani yang akan dialami umatmu. Jika engkau menoleh dan menjawabnya tentulah umatmu akan menjadi nasrani”.
اَوْلَيْهَيْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ اَوْرَا مَڠْسُوْلِيْ اَوْرَا ڠَنْڍٓكِيْ لَنْ اَوْرَ نَوْلَيهْ سٓكَا فٓڠُونْدَاڠْ سٓكَارَوْنَيْ مَاهُوْ اِيْكُوْ مُوْهُوڠْ وُڠْكُولْ سَڠْكِڠْ اِڠْ فِتُوْلُوْڠَيْ ﷲ ڍَيْوَيْ، اَوْرَ سَكِڠْ فٓڠٓرْتِيَنَيْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ اَتَوَا اَوْرَ سَكِڠْ فٓنْجَاوِيْلَيْ جَبْرَاٸِيلْ اَمُوْرِيهْ اَجَا اَنَهُوْرِيْ.
Tidak menoleh dan tidak menjawabnya Rasulullah ini hanyalah karena pertolongan Allah semata. Bukan karena kefahaman Rasulullah maupun karena pesan/ amanat dari malaikat Jibril agar Nabi tidak menjawab.
مُوْلَنَيْ سَوُوْسَيْ كٓدَادِيْيَانْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ فٓرْسَاسَتْ اَوَيهْ فِتُوْدُوهْ سٓتُهُوْنَيْ فَرَا اُمَّةْ مُحَمَّدْ اِيْكُوْ اَوْرَ فٓڮَةْ٢ اَوْلَيْهَيْ اَنٓتٓفِيْ مَرَاڠْ حَقَيْ لَنْ مَرَاڠْ تَوْحِدَيْ اَيڠْڮَا تُوْمٓكَا اِڠْ دِيْنَا قِيَامَةْ.
Maka setelah kejadian tersebut, nabi seolah mendapat petunjuk bahwa umat Muhammad itu tidak akan putus putus hingga hari kiamat dalam kebenaran dan tauhid.
Pemahaman :
Pertama, Perjalanan manusia dalam melaksanakan perintah Allah dari mulai beriman kepada Allah sampai melaksanakan syari’at, semuanya adalah karena hidayah dari Allah ta’ala secara mutlak.
Kedua, Meskipun demikian, dalam meniti perjalanan, manusia tetap harus bersama seorang pembimbing yang diberi kemampuan oleh Allah untuk menjelaskan dan mengarahkannya dengan benar.
Untuk mau sholat, mutlak hidayah Allah. Tapi untuk mendirikan sholat, harus dengan bimbingan para ulama, Kyai atau guru agama. Apalagi untuk meniti perjalanan ruhani (taqorrub ilallaah), harus dengan seorang pembimbing yang benar.
Ketiga, Jihad yang berikutnya adalah jihad umat Kanjeng Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dalam mempertahankan cara berfikir yang lurus.
Yahudi adalah gambaran pemikiran yang hanya bertimbang pada akal saja. Kalau tidak bekerja, tidak dapat uang. Kalau tidak belajar, tidak akan pintar. Kalau tidak begini nanti begini, dan sebagainya. Padahal tidak pasti demikian.
Kita bekerja dan lain lain karena perintah Allah, dan pemberian rizki, kepandaian maupun berbagai anugerah itu pun adalah pemberian Allah. Jika Allah berkehendak, bisa saja kita tidak bekerja tetap mendapatkan rizki tersebut, atau sebaliknya, kita bekerja tapi tidak mendapatkan. Jadi kita bekerja, mengaji dan sebagainya dari berbagai amal, semata mengerjakan apa yang diperintahkan Allah ta’ala.
Sedangkan Nasrani adalah gambaran pemikiran seorang muslim yang bertimbang pada perasaan saja. Senang tidak senang, suka tidak suka dan sebagainya dijadikan pondasi untuk dia melakukan sesuatu. Meskipun benar, jika tidak disukai, akan dibenci dan dihalangi. Meskipun salam, jika ia senang dan cocok akan didukung dan diperjuangkan.
اَوْرَ اَنْتَرَا سُوْوَيْ نُوْلِيْ اَنَ وَوڠْ وَدَونْ كَڠْ اَيُوْ وٓرْنَانَيْ لَنْ اَينْدَاهْ فٓڠَاڮَوْنَيْ دُوْمَارَوْجَوکْ كَاتمُوْ اَنَ اِڠْ ڠَارٓفَنْ اِڠْسُنْ سَاجَکْ اَمٓڟُؤْ اَكَيْ. كٓلَوَنْ اَمِڠْكِسْ لٓڠٓنَيْ كُوْلَمْبِنَيْ كِيْوَا تٓڠٓنْ. فٓرضُوْنَيْ اَمَامَيرْاَكَيْ لٓڠٓنَيْ.
Kemudian tidak berapa lama, dalam perjalanan itu, aku melihat seorang perempuan cantik yang berdandan dengan perhiasan yang indah indah, tiba tiba ada di depanku, atau sengaja menghalangi jalanku. Baju di bagian lengannya dilipat sehingga kelihatan lengarnnya kiri dan kanan. Rupanya ia sengaja memamerkannya kepadaku.
اَتُوْرَيْ مَرَاڠْ اِڠْسُنْ : ڍُوهْ كَڠْجٓڠْ نَبِيْ مُحَمَّدْ سُمَوڠْڮَا كَوُلَ اَتُوْرِايْ مِرْسَنِيْ اِڠْ كُوْلَ سٓكٓڍٓفْ كَيْمَاوَونْ تُوِينْ كُوْلَ اَتُوْرِيْ كَينْدٓلْ سٓكٓڍٓفْ كَيْمَاوَونْ سُوْفَدَوسْ كَالٓكْسَانَنَا اَڠْڮَينْ كُوْلَ بَڍَيْ مَاتُورْ اِڠْ جٓڠْ فَنْدُوْكَا.
Seraya ia berkata kepadaku, “Duh Kanjeng Nabi Muhammad, hamba mohon berhentilah sebentar saja, lihatlah diriku meskipun sejenak, agar aku bisa menghaturkan sesuatu kepada Tuan”.
اِڠْ كَوْنَوْ اَوْرَ فِيْسَنْ٢ اِڠْسُنْ اَڠَنْڍٓڮِيْ تُوَينْ اَڠَوْفَيْنِيْ مَرَاڠْ وَدَونْ جٓمْبٓرْ ايْكُوْ. اِڠْسُنْ اَوْرَ نَوْلَيهْ اَوْرَ ڠٓلِيْرِيکْ لَنْ اَوْرَ كَاڮَيْوَاڠْ ڮَالِيهْ اِڠْسُنْ مَرَاڠْ وَدَونْ كَڠْ مٓڠْكَوْنَوْ بَلِيکْ اِڠْسُنْ اَۑسيمتانِيْ مَرَاڠْ بُرَاقْ سُوْفَيَا اَنِڠْڮَالَا مَرَاڠْ وَدَونْ اِيْكُوْ. اَيڠْڮَالْ بُرَاقْ مِيْلَارْ سٓكَا اِڠْ ڠَرٓفَانَيْ وَدَونْ مَاهُوْ سَاَيڠْڮَا كٓفُوڠْكُورْ اَدَوهْ.
Tapi aku sama sekali tidak mau menoleh apalagi berhenti dan memerdulikan perempuan yang “buruk” dalam pandanganku itu. Aku tidak menoleh, melihrik bahkan hatiku sama sekali tidak ingin melihat ataupun terpengaruh pada perempuan itu. Bahkan aku berkata kepada buroq agar segera meninggalkannya jauh jauh. Buroq pun segera terbang berlalu sehingga wanita itu tertinggal sangat jauh.
سَوُوْسَيْ كٓفُوڠْكُورْ، اِڠْسُنْ تَاكَونْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ اَفَا وَهَنَانَيْ وَدَونْ اِيْكُوْ ؟
جَبْرَاٸِيلْ مَڠْسُوْلِيْ : اَوْ كَڠْجٓڠْ نَبِيْ اَيسْتٓرِيْ اَيُوْ فُوْنِكَا فَسٓمُونْ اِيْفُونْ دُنْيَا. اُوْفَامِيْ وَهُوْ فَنْدُوْكَا ڠَينْدٓلَانَا اُتَوِيْ اَمَڠْسُوْلِيْ اَتُوْرِيْفُونْ، سَاَيسْتُوْ اُمَّةْ تُوَانْ سٓدَايَا اَمِيْلِيهْ اِڠْ دُنْيَا اَنِيْلَارْ اِڠْ اَخِيرَةْ.
Setelah itu aku bertanya kepada Jibril, “Siapa perempuan itu?”.
Jibril menjawab, “Perempuan itu adalah perumpamaan dunia. Jika engkau menoleh atau menjawab bahkan berhenti, maka umatmu semua pasti akan memilih dunia dan meninggalkan akhirat”.
Pemahaman :
Jihad berikutnya adalah jihad dalam hal Oreintasi Kehidupan Umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Hal ini adalah perkara yang sangat dikhawatirkan Kanjeng Nabi dengan perkataan beliau, “aku kahwatir jika dunia ini dibentangkan untuk kalian sebagaimana ia dibentangkan untuk orang-orang sebelum kalian sehingga kalian berlomba sebagaimana mereka berlomba, dan akhirnya kalian hancur sebagaimana mereka hancur.”
Maka orientasi hidup umat Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dari berkeluarga, bekerja dan apa saja tujuannya adalah akhirat semata. Apa pun yang ia lakukan di dunia ini, semata mata ingin mendapatkan keselamatan, kebaikan, keberuntungan dan kebahagiaan di akhirat nanti.
Wallahu A’lam, alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.
Pengajian Rutin Kitab Isra Mi’raj Mbah Sholeh Darat
Setiap Ahad Pagi di MQNaswa
Kertanegara, Ahad Pahing,
08 Mei 2022 M / 7 Syawal 1443 H
Wawan St
Mengenai tujuh orang yang pahalanya terus mengalir baca di : https://islam.nu.or.id/tasawuf-akhlak/ini-tujuh-orang-yang-pahalanya-terus-mengalir-VyEfr
Baca juga : https://www.mqnaswa.id/terjemah-kitab-punika-hadits-ghaithi-pengajian-ke-12/