Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-3)

3 min read

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-3)

 

Bismillaahir rahmaanir rahiim.

Simbah Kyai Sholeh Darat berkata :

كَڠْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ ڮَنْچَرَيْ مٓڠْكَيْنَيْ :

سٓتُهُوْنَيْ سٓدُرُوْڠَيْ كَڠْجٓڠْ رَسُولْ هِجْرَةْ مَرِيڠْ مَدِيْنَةْ وٓتَارَا كُوْرَاڠْ سٓتَهُونْ، اَنَا كَڠْ ڠَرَانِيْ كُوْرَاڠْ رَوڠْ تَهُونْ، اَتَوَا كُوْرَاڠْ تٓلُوڠْ تَهُونْ، اِڠْ وَايَهْ بٓڠِيْ اِيْكُوْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ كَاتِمْبَالَنْ دَيْنَيڠْ فٓڠَيْرَانْ اِڠْكَڠْ مَهَا مُلْيَا، كَاتِمْبَالَنْ اَسْرَى لَنْ مِعْرَاجْ.

Yang demikian itu, kisahnya begini :

Sekitar satu tahun sebelum Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam hijrah ke Madinah, ada yang mengatakan kurang 2 tahun, ada pula yang mengatakan kurang 3 tahun sebelum hijrah, pada waktu malam hari, Kanjeng Rasulullah dipanggil oleh Allah yang Maha Mulia untuk Isra’ dan Mi’raj.

Beliau berkata :

تٓڮٓسَيْ اَسْرَى اِيْكُوْ بُوْڊَالَيْ كَڠْجٓڠْ رَسُولْ اِڠْ وَايَهْ بٓڠِيْ. دَيْنَيْ تٓڮٓسَيْ مِعْرَاجْ اِيْكُوْ هُومْبُوْلَيْ ڮُوسْتِيْ رَسُولْ سٓكَا اِڠْ مَسْجِدِ الْاَقْصٰى كٓلَوَنْ اَمْبَالَيڠْ اَونْدَا، مَكَ فَنْچَينْ مَعْنَانَيْ مِعْرَاجْ اِيْكُوْ اَمْبَالَيڠْ اَونْدَا كَايَ مٓڠْكَوْ بُوْرِيْ ڮَنْچَارَيْ.

Isra artinya perjalanan Nabi Muhammad shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam di waktu malam. Sedangkan Mi’raj artinya naiknya Rasulullah shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam dari Masjidil Aqsha dengan “tangga”. Memang makna Mi’raj adalah “naik tangga”, sebagaimana nanti akan dijelaskan kisahnya.

Beliau berkata :

سٓكَا اِڠْ فَنٓمُوْنَيْ كَابَيهْ اِيْكُوْ كَڠْ مُعْتَمَدْ – فَنٓمُوْ كَڠْ سَمْفُرْنَا – اِڠْ دِيْنَا مَالٓمْ اِثْنَينْ تَڠْڮَلْ فَيڠْ فِتُوْلِيْكُورْ سَاسِيْ رَجَبْ كَسٓبُوةْ اِڠْ ڊُوْوُرْ مَهُوْ. اَوِيتْ دِيْنَا مَالٓمْ اِثْنَينْ اِيْكُوْ چُونْدُوکْ كَارُوْ دِيْنَا وِيْوَسَنْ دَالٓمْ كَڠْجٓڠْ رَسُولْ لَنْ دِيْنَا بِعْثَهَيْ جُمٓنٓڠَيْ رَسُولْ لَنْ دِيْنَا هِجْرَاهَيْ مَرِيڠْ مَدِيْنَهْ بَيْسُوکْ، اَفَ دَيْنَيْ چُونْدُوکَى كَارَوْ دِيْنَا وَفَتَيْ اِيَا اِيْكُوْ سُرُوْدَيْ بَيْسُوکْ.

Dari kesemua pendapat tersebut, pendapat yang mu’tamad (terkuat dan dijadikan pegangan) adalah, terjadinya Isra Mi’raj itu pada malam Senin, 27 Rajab sebagaimana disebutkan di atas. Malam Senin itu sesuai dengan hari dilahirkannya Kanjeng Nabi, hari diutus/ diangkatnya beliau menjadi Rasulullah, hari hijrah beliau ke Madinah, dari hari wafatnya beliau Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Beliau berkata :

اَنَدَيْنَيْ دِيْنَا سَاسِيْ لَنْ تَڠْڮَالَيْ مِعْرَاجْ اِيْكُوْ فَرَا عُلَمَاءْ فَدَا سُوْلَيَا اِڠْ فَنٓمُوْنَيْ. اَنَ اِڠْكَڠْ ڠَرَانِيْ اِڠْ دِيْنَا مَالٓمْ اِثْنَينْ تَڠْڮَلْ فَيڠْ فِتُوْلِيْكُورْ سَاسِيْ رَجَبْ. سَوٓنَيهْ اَنَ كَڠْ ڠَرَانِيْ تَڠْڮَلْ فِتُوْلَسْ اَتَوَا فَيڠْ فِتُوْلِيْكُورْ سَاسِيْ رَبِيْعُ الْاَوَّلْ. اَنَ مَانَيهْ كَڠْ ڠَرَانِيْ اِڠْ تَڠْڮَلْ فَيڠْ فِتُوْلَسْ سَاسِيْ رَمَضَانْ. اِيَا اُوْڮَا اَنَ كَڠْ ڠَرَانِيْ تَڠْڮَلْ فَيڠْ فِتُوْلِيْكُورْ سَاسِيْ رَبِيعُ الْاَخِرْ اِڠْ دِيْنَا مَالٓمْ جُمْعَةْ.

Mengenai hari bulan dan tanggal terjadinya Mi’raj ini, para ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan Malam Senin, 27 Rajab, pendapat yang lain mengatakan tanggal 17 atau 27 Rabi’ul Awwal. Ada lagi yang berpendapat tanggal 17 Ramadlan dan ada yang berpendapat terjadinya Isra Mi’raj itu pada malam Jum’at, 27 Rabi’ul Akhir.

Pemahaman Pertama :

Simbah Kyai Sholeh Darat, memilih pendapat bahwa, Isra Mi’raj terjadi pada malam Senin, 27 Rajab, (sekitar) 1 tahun sebelum Nabi Hijrah ke Madinah.

Pemahaman Kedua :

Ketika membaca kalimat “Kisah begini :”, kami memahami bahwa Simbah Kyai Sholeh Darat ingin langsung pada hal Isro Mi’raj (tanpa terlebih dahulu menceritakan “asbaab”-nya.

Bahwasanya Isra Mi’raj itu penggalan perjalanan peri kehidupan Kanjeng Nabi Shallallahu ‘Alaih Wasallam yang pasti terkait satu sama lain. Satu kejadian menjadi rangkaian kejadian berikutnya. Satu peristiwa menjadi sebab (latar belakang) dari peristiwa selanjutnya.

Latar belakang ini jika diketahui akan menambah kepahaman yang lebih akan “pengenalan” kita kepada Allah dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, serta mendatangkan hikmah bagi diri kita sendiri selaku umat yang diperintah mengikuti tindak lampah beliau.

Rasulullah khawatir cobaan tersebut tersebab kemurkaan Allah ‘Azza wa Jalla. Hal ini tercermin dari do’a beliau ketika lari dari Thaif :

أَللّٰهُمَّ إِلَيْكَ أَشْكُوْ ضُعْفَ قُوَّتِيْ وَقِلَّةَ حِيْلَتِيْ, وَهَوَانِيْ عَلَى النَّاسِ.

“Ya Allah, kepada-Mu aku mengadukan lemahnya kekuatanku, kurangnya upayaku, dan rendahnya diriku di hadapan manusia”.

يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ أَنْتَ رَبُّ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ, وَأَنْتَ رَبِّيْ. إِلٰى مَنْ تَكِلُنِيْ ؟ إِلٰى بَعِيْدٍ يَتَجَهَّمُنِيْ أَمْ إِلٰى عَدُوٍّ  مَلَكْتَهٗ أَمْرِيْ ؟ إِنْ لَمْ يَكُنْ بِكَ عَلَيَّ غَضَبٌ فَلَا أُبَالِىْ. وَلٰكِنْ عَافَيْتُكَ هِيَ أَوْسَعُ لِيْ.

 “Wahai Dzat yang paling penyayang, Engkaulah yang menjaga orang-orang yang lemah, Engkaulah Tuhan yang menciptakan dan memelihara hamba.

”Kepada siapakah hendak Engkau serahkan diriku ini? Kepada orang jauhkah yang berwajah muram kepadaku atau kepada musuhkah Engkau kuasakan urusanku ini? Asalkan Engkau tidak murka kepadaku, aku tidak peduli. Tetapi, sungguh kemaafanmu lebih luas untukku”.

أَعُوْذُ بِنُوْرِ وَجْهِكَ الَّذِيْ أَشْرَقَتْ لَهُ الظُّلُمَاتُ وَصَلُحَ عَلَيْهِ أَمْرُ الدُّنْيَا وَاْلاٰخِرَةِ مِنْ أَنْ تُنْزِلَ بِيْ غَضَبَكَ أَوْ يَحُلَّ عَلَيَّ سَخَطَكَ ، لَكَ الْعُتْبٰى حَتَّى تَرْضٰى، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ.

“Aku berlindung kepada nur wajah-Mu, yang menyinari kegelapan dan memperbaiki semua urusan dunia dan akhirat, dari kemurkaan dan yang akan Engkau timpakan kepadaku, atau kemarahan yang akan Engkau lepaskan atas diriku. Kepada Engkaulah aku mengadu, sehingga Engkau ridha kepadaku. Tiada daya dan kekuatan melainkan hanya dengan pertolongan-Mu”

Adapun latar belakang Isra Mi’raj Nabi (sekaligus hikmahnya) antara lain :

  1. Rasul khawatir, apa yang beliau alami dari cobaan-cobaan yang sangat berat itu disebabkan karena murka dan kemarahan Allah kepada beliau (padahal beliau seorang Rasul/ utusan Allah).

(Cobaan yang dimaksud adalah, pemboikotan setelah itu, wafatnya Abu Tholib di susul wafatnya Sayidah Khodijah, yang membuat musyrikin Makkah semakin terang-terangan menunjukkan kebencian kepada Nabi. Kemudian Nabi pergi ke Thaif untuk meminta dukungan, malah dihina, disakiti, diusir dan dilempari batu, hingga kaki beliau berdarah darah).

Ya, demikianlah Isra Mi’raj dengan kadar yang Maha Agung, yakni agar beliau tahu bahwa Allah tidak marah kepada beliau. bahkan Allah sangat mencintai beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sekaligus makin memantapkan hati beliau dalam melaksanakan risalah (tugas sebagai seorang Nabi dan Rasul).

Bagi kita, jika mendapat cobaan cobaan, maka hendaknya menginterospeksi diri, menghisab diri sendiri. Menemukan lalu memperbaiki kekurangan dan kesalahan kita, bahkan dosa dosa kita. Sebagaimana Rasulullah (merasa kurang dalam usaha beliau berdakwah) dan takut mendapat murka Allah, padahal beliau Rasulullah (utusan Allah), bahkan habiibullah (kekasih Allah).

Bagaimana seorang hamba, rasul dan kekasih-Nya yang telah melaksanakan tugas sesungguh-sungguhnya sampai “mengadu” dengan kalimat seperti itu ?

Maka Allah menjawab do’a Nabi dengan “jawaban” yang sangat indah. Nabi pun di-Isra Mi’raj-kan. Mengapa Isra Mi’raj ? Jika Allah mau, tentu bisa saja orang-orang itu beriman. Selesai.

Saya membayangkan anak yang sangat saya sayangi, saya banggakan, diam termenung, sedih. Ternyata dia takut saya marah kepada dia.

Maka “jawaban” yang indah adalah bukan “nak, ayah tidak marah kepada kamu”, tapi “Nak, ayu jalan-jalan”. Diajaklah anak itu ke tempat yang indah dan menyenangkan, diberikan hadiah-hadiah yang spesial.

  1. Jika latar belakang pertama adalah takutnya Rasul kepada marahnya Allah, maka alasan kedua adalah “sempit” nya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di hadapan manusia di bumi ini karena banyaknya orang yang memusuhi dan menolak kehadiran beliau. Terasa sempit sekali jika orang-orang yang kita jumpai, membenci kita.

Maka Allah “menjemput” beliau untuk Isra Mi’raj agar benar benar melihat bahwa luasnya alam malakut beserta seluruh ahli langit yang mencintai dan menyambut beliau, dari para malaikat, ruh, bahkan para pendahulu beliau para Nabi dan Rasul, dan paling agungnya adalah Allah ta’ala yang memilih beliau sebagai utusan dan kekasih yang pasti akan selalu menaungi beliau dengan rahmat kasih sayang-Nya.

Bagi kita, jika bumi  ini terasa sempit karena permasalahan-permasalahan, hendaknya “menoleh ke langit”, dan meminta luasnya rahmat Allah ta’ala. Sebagaimana perkataan guru kami, Syaikh Muhammad Irfa’i QS dari ayahanda beliau Syaikh Muhammad Nahwrawi QS, “luasnya hidupmu seluas dadamu”. Dada ini adalah langit, yang di dalamnya ada “singgasana Allah”, yaitu qolbu (hati). Di sana kita bertawajjuh, bermunajat dan berdzikir kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Dari kedua latar belakang ini, kita jadi semakin mengenal Rasulullah dan kesungguhan mengabdi kepada Allah ta’ala, sekaligus makin mengenal kecintaan Allah kepada ‘abdi-Nya, (jadi ingat ayat Isra, yang menggunakan kata “abdi = hamba-Nya”), Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Wallahu A’lam. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin.

 

 

MQ Naswa –  Nasy’atul Wardiyah

Ahad Pagi, 20 Februari 2022 M / 18 Rajab 1443 H

Wawan St.

 

Mengenai Khutbah Jumat tentang Puasa baca di : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-puasa-hakikat-dan-tingkatannya-uEOGb

Baca juga : https://www.mqnaswa.id/terjemah-kitab-punika-hadits-ghaithi-pengajian-ke-2/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *