Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-9)

2 min read

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi

Terjemah Kitab Punika Hadits Ghaithi (Pengajian ke-9)

 

Bismillahirrahmanirrahim

BAB III. MEMULAI PERJALANAN ISRO

Fasal 2 : Perumpamaan yang Indah dan Ajakan untuk Umat Nabi Muhammad Shallahu ‘Alaihi Wasallam.

اِڠْ كَوْنَوْ اِڠْسُنْ نُوْلِيْ نِيْڠَالِيْ وَوڠْ لَنَڠْ اِيْسِيهْ نَونَومَنْ. اَبَاڮُوسْ وٓرْنَانَيْ لَنْ اَينْدَاهْ بُوْسَنَانَيْ سٓرْتَا وَاڠِيْ ڮَنْدَانَيْ.

اِڠْسُنْ اَوْرَا فِرْسَا سٓكَا اِڠْ ڠٓنْدِيْ سَڠْكَانَيْ. ايْڍٓفْ٢ اَنَا اِڠْ ڠٓرْسَانِڠْسُونْ نُوْلِيْ اَنُوْچُوفْ لَارَفَنْ اِڠْسُنْ فٓرْنَهْ اَنْتَرَانَيْ نَيتْرَانِڠْسُونْ كَارَوْ. سٓوُوْسَيْ نُوْچُوفْ اَوْرَا اَنَ تُتُوْرَيْ اَفَا٢ اَيڠْڮَا مُوسْنَا تَنْفَا لَابٓتْ سَٵَيْڠِڮَا اَوْرَ كَاوٓرُوْهَنْ مٓنْۑَاڠْ ڠٓنْدِيْ فَرَانَيْ.

Di tempat itu aku melihat seorang lelaki yang masih muda, bagus rupanya dan harum baunya. Aku tidak tahu dari mana datangnya. Tiba tiba dia ada di hadapanku dan mencium kening antara kedua mataku, lalu dia pergi tanpa berbicara sepatah kata pun, hilang tak berbekas hingga aku tak tahu ia pergi ke mana.

اِڠْسُنْ ڮُوْمُونْ اَنِڠَالِيْ فٓرْتِڠْكَهْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ. نُوْلِيْ تَاكَونْ اِڠْسُنْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ : ڍُوهْ كِيْ سَنَکْ فُوْنِكَا وَهُوْ سِنْتٓنْ ؟

وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ : فُوْنِكَا وَهُوْ فَسٓمَونْيڠْ اَڮَامِيْ فَنْدُوْكَا جٓڠْ نَبِيْ. فَنْدُوْكَا كُوْلَا اَتُوْرِيْ بِيْڠَهْ اِڠْ فٓڠْڮَالِيهْ. اَوِيتْ فُوْنِكَا وَهُوْ اَمٓرْتَنْڍَانِيْ سٓتُهُوْنِفُونْ اُمَّةْ فَنْدُوْكَا سٓدَايَا ڮٓسَڠْ اِيْفُونْ كَنْطِيْ اِيْمَانْ، فٓجَهْ اِيْفُونْ اِڠْڮِيهْ كَنْطِيْ اِيْمَانْ لَنْ مَالٓبٓتِفُونْ اِڠْ سُوَرْڮَا اُوْڮِيْ كَلَايَنْ اِيْمَانْ.

Aku sangat takjub dengan perlakuannya yang seperti itu dan bertanya kepada Jibril, “Wahai kisanak, siapakah orang itu?”

Jibril menjawab, “Itu adalah perlambang agama tuan. Hendaknya Tuan berbahagia, karena itu adalah pertanda umat Tuan semuanya akan hidup dalam iman, mati dalam keadaan iman dan kelak masuk ke syurga dengan iman”

Pemahaman :

Hal ini adalah bisyaroh (kabar gembira) dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, bahwa agama Islam akan terjaga sampai akhir zaman, meskipun Nabi telah wafat hingga ribuan tahun dan Allah tidak menurunkan lagi Nabi/ Rasul.

Jika kita mengingat : (perhatikan pengajian ke-3)

– Latar belakang dan waktu terjadinya peristiwa Isra wal Mi’raj ini, adalah masa-masa terberat perjuangan/ dakwah Nabi dalam menyebarkan agama Islam. Saat itu Nabi tentu sangat takut jika tugas beliau tidak sukses.

– Rasulullah adalah hamba Allah dan utusanNya yang mempersembahkan seluruh jiwa raganya untuk berbakti beliau kepada Allah ta’ala dengan mengemban tugas mengajarkan agama Islam kepada umat manusia.

Dengan mengingat kedua hal tersebut, maka kita menjadi faham, bahwa kejadian (perumpamaan) ini adalah kabar gembira yang paling menggembirakan, paling dinginkan oleh Rasul. Karena itu artinya beliau benar-benar berhasil dalam menjalankan tugas dari Allah, bahkan agama yang beliau bawa itu akan terus terjaga ilaa yawmil qiyaamah. Alangkah bahagianya Rasul karena berhasil menjalankan tugas pengabdian kepada Allah ta’ala.

اَمَڠْسُوْلِيْ چٓرِيْتَا.

اِڠْ كَلَانِيْ اِڠْسُنْ بُوْڍَلْ سٓكَا اِڠْ مٓكَهْ اَنَا جِنْ نَمَا اَفٓرِيتْ اِيْكُوْ اَنُتُوْتِيْ مَرَاڠْ اِڠْسُنْ كٓلَوَنْ اَڠْڮَاوَا سُوْلُوهْ اَوْبَورْ. سٓدُرُوْڠَيْ كَاچَبْڍَاکْ جَبْرَاٸِيلْ تُتُورْ مَرَاڠْ اِڠْسُنْ اَكَونْ اَمَچَٵَكَيْ تَعَوُّذْ سُوْفَيَا مَاتِيَا جِنْ اِيْكُوْ.

اَيڠْڮَلْ اِڠْسُنْ مَچَا تَعَوُّذْ : أَعُوْذُ بِوَجْهِ الكَرِيْمِ. تٓڮٓسَيْ اَڠٓلِينْڍُوڠْ كُوْلَا اِڠْ ذَاتْ كَڠْ مُلْيَا. سٓنَالِيْكَا سِرْنَا جِنْ اَفٓرِيتْ اَوْرَا كَاتِڠَالَنْ مَانَيهْ دَيْنَيڠْ اِڠْسُنْ.

Nabi berkata, “Ketika aku berangkat dari Makkah, ada Jin Ifrit yang mengikutiku dengan membawa obor. Sebelum jin itu menyusulku, malaikat Jibril menyuruh aku untuk membaca ta’awudz agar jin itu mati. Maka aku pun membaca :

أَعُوْذُ بِوَجْهِ الكَرِيْمِ

Aku berlindung kepada Allah, dzat yang Maha Mulia

Seketika jin itu sirna tak terlihat lagi olehku.

Pemahaman :

Perjalanan isra’ Mi’raj bagi Nabi adalah seperti perjalanan ruhani umat beliau dalam taqorrub ilallaah. Menempuh jalan menuju dekat dengan Allah ta’ala.

Perjalanan ruhani yang demikian pasti tidak akan dibiarkan oleh setan begitu saja. Ia akan berusaha dengan segala cara untuk mengganggu, bahkan menyesatkan. Rasulullah sejenak menceritakan kilas balik (mengulang cerita) agar tahu, bahwa penggoda itu siap mengikuti sejak awal perjalanan.

Maka hal pokok dalam perjalanan semacam itu adalah adanya seorang Pembimbing (mursyid) yang dipercaya, yang akan mengarahkan, mengajarkan serta memberi cara penyelesaian untuk menghadapi berbagai gangguan dalam perjalanan ruhani tersebut.

وُوسَيْ مٓڠْكَوْنَوْ. چٓنْڍَاكَيْ چٓرِيْتَا اِڠْ ڍُووُرْ مٓڠْكَيْنَيْ :

اِڠْسُنْ نُوْلِيْ نِيْتِهْ مَانَيهْ اِڠْ بُرَاقْ. جَبْرَاٸِيلْ سَٵْكَنْچَانَيْ اَوْرَ كَارِيْ. بُرَاقْ سُوْمٓبُوتْ مُومْبُولْ اَنَافَکْ ڮٓڮَانَا هَڠَاوَاڠْ اَوَاڠْ.

اِڠْسُنْ اَنِڠَالِيْ اِڠْ بُوْمِيْ كَاتَونْ فِيْرَاڠْ٢ بَوڠْسَا كَڠْ فَڍَا ڮَاڮَا لَنْ فَدَا سَاوَاهْ فَدَا دَينْ دٓرٓفِيْ اَنُوڠْڮَلْ سٓدِيْنَا لَنْ مَڠْسَانَيْ وُوسْ كَادٓرٓفَنْ اَنُوْلِيْ فُولِيهْ كَايَ مَاهُوْنَيْ مَانَيهْ اَنْدَادِيْكَاكَيْ ڮَاوَوْكَيْ فٓڠْڮَالِيهْ اِڠْسُنْ.

Setelah itu, melanjutkan cerita (Rasulullah berkata) : “Kemudian aku menaiki buroq lagi. Jibril dan kawan-kawannya (Mikail dan Isrofil) tidak ketinggalan mendampingiku. Buroq terbang sangat cepat membumbung menapaki angkasa.

Aku melihat, di bumi ada suatu kaum yang terdiri dari berbagai bangsa, yang sedang menanam padi dan mengurus sawah, tapi langsung dipanen dalam sehari. Bahkan setelah dipanen, padi itu langsung muncul kembali, dan berbuah lagi seperti semula. Hal ini menjadikan Aku takjub melihatnya.

اِڠْ كُوْنُوْ اِڠْسُنْ تَاكَونْ مَرَاڠْ جَبْرَاٸِيلْ. اَفَا مُوْلَانَيْ دَيْنَيْ اَنَ فٓرْتِڠْكَهْ مٓڠْكَوْنَوْ اِيْكُوْ ؟

وَڠْسُوْلَانَيْ جَبْرَاٸِيلْ : فُوْنِكَا فَاسٓمَونِيْفُونْ تِيَاڠْ اِڠْكَڠْ سَامِيْ مُجَاهَدَةْ فِيْ سَبِيْلِ ﷲ. تٓڮٓسَيْ وَوڠْكَڠْ فَڍَا ڠٓلَابُوْهِيْ اَڮَامَانَيْ ﷲ هَيڠْڮَا فَڍَا تَيْڮَا اِڠْ رُسَاكَيْ اَوَاكَيْ، اِيْلَاڠَيْ اَرْتَانَيْ، لَنْ تَيْڮَا اِيْلَاڠَيْ ۑَاوَنَيْ. اِيَا اِيْكُوْ سَڠْكِڠْ ڍٓمٓنَيْ مَرِيڠْ ﷲ.

dan bertanya kepada Jibril, “Apakah maksudnya ini keadaan seperti itu ?”

Jibril menjawab, “Ini adalah permisalan orang orang yang mujahadah fi sabilillah. Yakni orang orang yang memperjuangkan agama Allah hingga rela menjadi luka dan cacat badannya, rela kehilangan hartanya bahkan rela kehilangan nyawanya. Itu semua karena sangat cintanya mereka kepada Allah ta’ala”.

Pemahaman :

Setelah Allah memberi bisyaroh kepada beliau (Rasulullah), kemudian kali ini memberikan dorongan kepada umatnya, sejak masa sahabat hingga kita semua, sebagai umat Islam. Dorongan agar berjihad fi sabiilillah. Berjuang di dalam agama Allah (mengikuti dan meneruskan Rasulullah).

Yakni kita diajak “mendaftar”, (semoga saja) kita dipilih Allah untuk menjadi hamba yang ikut mewujudkan perumpamaan yang pertama tadi (seorang pemuda yang mencium Rasul sebagai pertanda kekalnya agama Islam).

Kita diajak oleh Allah dan Rasul-Nya, untuk menjadi hamba-Nya yang turut berjuang, jiwa (akal, ruhani bahkan nyawa) dan raga (termasuk harta), demi menampilkan cahaya Iman (tauhid), Islam (syariat) dan ihsan (akhlak) serta menjaga cahaya itu tetap cemerlang sampai akhir zaman.

Semoga Allah memilih kita, keluarga, anak turun kita memeroleh kedudukan yang tinggi di sisi Allah dan Rasulullah. Amiin amiin.

Wallahu A’lam, alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

 

Pengajian Rutin Ahad Pagi di MQ Naswa

Kertanegara, Ahad Legi,

10 April 2022 M / 8 Ramadlan 1443 H

Wawan St.

 

Mengenai renungan syukur Ramadhan baca di : https://islam.nu.or.id/hikmah/renungan-syukur-ramadhan-j6E9q

Baca juga : https://www.mqnaswa.id/terjemah-kitab-punika-hadits-ghaithi-pengajian-ke-8/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *